XTyran

23 August, 2009

Gudang, Gergaji dan Kehidupan

Filed under: Makna — xtyran @ 08:33

Jika kita meniatkan diri untuk ‘membaca’, ternyata banyak hal yg bisa kita ‘dapatkan’.

Berawal dari kedatangan satu set komputer baru, ruangan yang sudah penuh sesak terpaksa harus dipikirkan untuk ditata ulang. Barang2 yang sudah tidak diperlukan dibuang.. lemari digeser..  dan gudang dirapikan demi mendapatkan sedikit tambahan  ruang penyimpanan. Salah satu rekan kerja berkomentar “wah… ternyata banyak juga yg bisa masuk”. Yup.. gudang yang awalnya terlihat penuh dan berantakan (yang membuat kami berpikir akan sangat sulit untuk bisa menambahkan sesuatu lagi kedalamnya) setelah dirapikan, ternyata masih menyisakan banyak ruang kosong (Jauh lebih banyak dari yang kami perkirakan dan butuhkan). All done! Ruang kantor beres… n Gudang rapi.

Selama beristirahat.. saya memikirkan kegiatan yg baru saja selesai..

‘Gudang yg tadinya terlihat penuh setelah  dirapikan ternyata hanya menyimpan setengah dari kapasitasnya…’

Hal tersebut mengingatkan saya pada gergajinya Stephen R Covey. “The 7 Habits of Highly Effective People”, buku yang saya baca saat masih SMA… disalah satu kebiasaan yang ada pada buku tersebut (klo gag salah sih yg ke 7) beliau menerangkan akan pentingnya mengasah gergaji. Ilustrasinya begini.. ada 2 orang penggergaji kayu. Keduanya memiliki semangat kerja yang tinggi tetapi memiliki ‘kebiasaan kerja’ yang berbeda. Orang pertama bekerja keras memotong kayu dengan gergajinya tanpa henti dan hanya menyisakan sedikit waktu untuk beristirahat, sedangkan orang kedua seringkali berhenti dan mengasah gergajinya. Melihat hal ini, orang pertama merasa gerah dan menegur rekannya, “Heh! lo jangan keseringan istirahat! gimana mau dapet kayu banyak klo dikit2 istirahat?! Kerja! Kerja! Kerja!”. Yang ditegur hanya memberikan sinyum simpul.  Di hari perdana kerja, orang pertama mendapatkan kayu dalam jumlah yang lebih banyak, tetapi jumlahnya semakin hari semakin menurun meskipun setiap harinya ia berusaha untuk bekerja lebih  keras. Dan di akhir bulan, ternyata kayu yang dihasilkan orang kedua jauh lebih banyak dari orang pertama.

Dalam kaitannya dengan gudang dan kehidupan… seringkali kita mendengar orang2 yang mengeluh telah bekerja keras tetapi belum mendapatkan hasil yang diharapkan.  Seringkali juga kita mengeluhkan waktu yang terasa begitu penuh, sempit dan nyaris tidak ada waktu luang. Anggaplah Seorang buruh dapat menghasilkan 2 juta perbulan dan seorang manager purusahaan mendapatkan gaji 7 juta setiap bulannya. Salah satu hal yang membedakan mereka adalah “gergaji” yang mereka gunakan untuk bekerja…  skill, pengetahuan, dan attitude. Dengan meningkatkan kualitas “gergaji” yang kita gunakan, sedikit banyak pasti akan memberikan pengaruh terhadap hasil yang dapat kita capai. Dan pada akhirnya akan kembali kepada kita, apakah kita ingin satu bulan kita hanya bernilai 2 juta.. 7 juta… atau bahkan lebih..    Tidak ada yang salah dengan kerja keras dan waktu yang sempit. Tetapi disaat keduanya tidak disertai dengan kualitas… banyak hal yang akan masuk kategori “sia-sia”. Dalam hal waktu, seperti halnya gudang yang penuh sesak…  dengan sedikit keteraturan.. menata hal2 yang masih ingin disimpan dan membuang semua yang sudah tidak diperlukan.. akan memberikan sedikit ruang lebih. Ruang yang dapat kita gunakan untuk menyimpan barang lainnya maupun di nikmati sebagai bagian yang memberikan rasa lega ketika memasukinya. Mungkin.. waktu yang selama ini terlihat penuh sesak… ternyata hanya menyimpan setengah dari kapasitasnya. Mungkin.. kita perlu untuk memberikan sedikit atau lebih banyak waktu untuk mengasah gergaji kita. Mungkin.. kita perlu menelaah lagi hal2 yang telah kita lakukan dan membuat perencanaan yang lebih baik. Menata hal2 yang benar2 penting untuk kita lakukan dan meninggalkan hal2 yang sebenarnya tidak perlu masuk dalam agenda kita.

Setiap kita memiliki waktu dan “gergaji” masing2… tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya.

Sumber : Life

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: